Rabu, 08 Februari 2017

WISATA JOGJA- TAMAN SARI KERATON JOGJAKARTA-WATER CASTLE JOGJA


Taman Sari merupakan bekas taman Keraton Yogyakarta yang dibangun pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono I sampai dengan Sri Sultan Hamengku Buwono III . Taman Sari dulu memiliki luas 10 hektar lengkap dengan gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, danau buatan, pulau buatan dan lorong bawah air.
Taman Sari memiliki gaya arsitektur perpaduan antara gaya arsitektur Jawa dan Portugis. Taman Sari terbagi menjadi 4 bagian:
1.  Bagian pertama adalah danau buatan yang terletak di sebelah barat.
2.  Bagian kedua adalah bangunan yang berada di sebelah selatan danau buatan antara lain Pemandian Umbul Binangun.
3.  Bagian ketiga adalah Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati yang terletak di selatan bagian kedua.
4.  Bagian terakhir adalah bagian sebelah timur bagian pertama dan kedua dan meluas ke arah timur sampai tenggara kompleks Magangan.

Ketika anda memasuki Taman Sari anda akan disambut oleh gapura dengan ukiran-ukiran cantik yang menjadi pintu masuk di Taman Sari. Pintu selanjutnya  Anda akan menemukan dua kolam berair. Pada zaman dahulu kolam ini berfungsisebagai pemandian para putri dan selir-selir raja. Hiasan air mancur yang berbentuk kepala naga dan pot-pot bunga disekelilingnya menambah apik interior di Taman Sari.

Lokasi Taman Sari Yogyakarta berada tidak jauh dari Keraton Yogyakarta. Hanya 1 km dekat dengan alun-alun Selatan Yogyakarta. Jika anda dari Jalan Malioboro, maka Anda cukup berkendara menuju ke Selatan ke arah Keraton Yogyakarta atau Alun-alun utara Jogja, kemudian ambil jalan yang berada di sebelah barat Alun-alun hingga Anda menemukan perempatan pertama lalu belok kiri dan ikuti terus jalan tersebut. Akan lebih mudah lagi jika Anda memarkir kendaraan di area parkir keraton yang berada di sebelah timur Alun-alun lalu menggunakan jasa becak dengan tarif Rp.10.000,- sembari menikmati bangunan tua seperti Benteng yang bisa Anda jumpai dalam perjalanan menuju Taman Sari.
Taman sari buka setiap hari pukul 08.00-14.00wib. Harga tiket masuk untuk wisatawan local adalah 3.000 untuk wisatawan mancanegara 7.000.


0 komentar:

Posting Komentar