Kamis, 02 Februari 2017

WISATA CANDI PRAMBANAN


         Jogja selain dikenal dengan kota pelajar mungkin jogja juga pantas untuk disebut sebagai kota seribu candi. Maklum karena di kota ini terdapat puluhan candi yang sudah di pugar dan menjadi tujuan wisata untuk wisatawan dalam negeri ataupun luar negeri. Masih banyak candi yang dalam proses pemugaran dan siap untuk menjadi tujuan wisata di beberapa tahun ke depan.
          Disini saya akan membahas sedikit tempat wisata di daerah sleman timur atau tepatnya di daerah prambanan. Siapa yang tidak tahu candi prambanan ? Candi prambanan merupakan komplek candi Hindu terbesar di Indonesia, bahkan mungkin di Asia Tenggara. Selain terkenal dengan sebutan candi prambanan candi ini juga dikenal sebagai candi roro jonggrang yang dibangun sekitar 850M oleh Wangsa Sanjaya dan menjadi objek wisata yang terkenal di jogja.
          Kenapa disebut juga dengan candi roro jonggrang ? konon dulu asal usulnya dulu ada seorang pangeran bernama Bandung Bondosowo yang terpesona dengan putri cantik anak dari Prabu Damar Moyo yang merupakan Raja Keraton Boko. Namun Putri Roro Jonggrang mengajukan syarat kepada Pangeran Bandung Bondowoso. Yang pertama sang pangeran harus membuat sumur dan diberi nama “ Sumur Jolotundo”. Syarat yang kedua yaitu sang pangeran harus membuat 1.000 arca dalam waktu semalam. Permintaan ini hampir terpenuhi, sebelum roro jonggrang memnita bantuang kepada warga desa untuk menumbuk padi dan membuat api agar Nampak bahwa hari sudah pagi. Karena merasa dicurangi  maka Bondowoso yang baru membuat 999 arca mengutuk roro jonggrang menjadi arca yang ke-1.000.

          Karena cerita tersebut kemudian muncul mitos bahwa jika ada pasangan kekasih yang mengunjugi komplek candi prambanan maka dapat menyebabkan pasangan kekasih tersebut bisa putus atau break . Ini hanya sekedar mitor yang beredar dari masyarakat sekitar mau percaya atau tidak terserah anda. Bukan untuk menakut-nakuti pasangan kekasih yang ingin mengunjungi candi prambanan lo ini .
          Untuk cerita asal-usul candi prambana udahan dulu, langsung lanjut ke objek candi prambanan. Kalau dari kota jogja untuk akses ke candi sangat prambanan sangat mudah. Bisa naik Trans Jogja naek trayek no 1A maka anda tinggal duduk sudah sampai di halte candi prambanan kemudian tinggal menyeberang jalan sudah sampai di candi prambanan, ongkosnya pun sangat murah kalua belum naek sekitar Rp. 3.000 kalau PP ke hotel ya Cuma habis Rp 6.000 per orang. Selain itu kalian juga bisa memakai jasa ojek online untuk ke candi prambanan, karena di jogja sudah ojek online yang pakai jaket warna hijau dan orange.

          Jam operasional candi prambanan pukul 06.00 – 17.00WIB. Harga tiket masuk dewasa Rp.30.000 , anak-anak Rp.12.500 dan untuk wisatawan asing dewasa 18USD, anak-anak 9USD. Setelah anda membayar tiket anda bisa masuk dan menikmati candi prambanan dengan bebas, anda bisa berfoto-foto ataupun melakukan aktivitas lainya seperti berkumpul dengan keluarga dan makan bersama di taman candi prambanan, karena candi prambanan mempunyai taman yang sangat luas. Candi prambanan ada beberapa candi besar diantaranya :
1.    Candi Syiwa
Candi syiwa terkenal juga dengan sebutan candi roro jonggrang karena di dalamnya terdapat arca roro jonggrang, candi ini merupakan candi terbesar di komplek candi prambanan.

2.    Candi Wisnu
Terletak sebelah utara candi syiwa , didalm candi wisnu terdapat arca dewa wisnu yang berdiri diatas yoni.

3.    Candi Brahma
Candi ini terletak di selatan candi syiwa didalam candi brahma terdapat arca dewa brahma yang berdiri diatas yoni


1 komentar:

  1. prambanan di yogya cocok juga nih buat destinasi main liburan akhir tahun selain tempat wisata bandung

    BalasHapus