Jumat, 03 Februari 2017

LOKASI WISATA JOGJA TEBING BREKSIT


          Kalau anda berwisata ke jogja dan mengunjungi candi prambanan jangan lupa untuk singgah ke tempat wisata baru di sekitar prambanan yaitu Taman Tebing Breksit. Tempat wisata Taman Tebing Breksit Prambanan merupakan objek wisata baru di daerah Prambanan, tempat wisata ini baru diresmikan 30 Mei 2015 yang lalu. Taman Tebing Breksit Prambanan tepatnya terletak di pedukuhan Nglengkong , Groyokan Sambirejo Prambanan.
          Taman Tebing Breksit ini dulunya merupakan sebuah bukit kapur yang oleh warga sekitar menjadi tempat untuk mencari nafkah dengan cara mengambil batu kapur. Penambangan ini sempat dilarang oleh pemerintah daerah setempat karena menurut beberapa peneliti bukit kapur yang ada padukuhan Nglengkong merupakan endapan abu vulkanik dari gunung api purba Nglanggeran. Maka pemerintahan daerah setempat menetapkan gunung api kapur ini menjadi cagar budaya yang harus dilestarikan. Taman Tebing Breksit ini diresmikan sebagai cagar budaya oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X pada Mei 2015.
          Untuk menuju Taman Tebing Breksit Prambanan sangat mudah , jika dari arah Jogja ketika sampai pertigaan lampu merah sebelum candi prambanan maka ambil belok ke kanan menuju arah candi boko. Anda tinggal lurus saja nanti sudah ada penunjuk jalan ke Taman Tebing Breksit, kalau kalian bingung bisa bertanya dengan warga setempat. Untuk menuju ke Taman Tebing Breksit anda harus memakai kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan umum yang menuju ke arah Taman Tebing Breksit. Saran saya jika ingin ke Taman Tebing Breksit periksalah kendaraan anda karena jalan ke lokasi wisata agak menanjak. Karena saya pernah menjumpai ada wisatawan yang ban motornya bocor dan di tempat wisata ini masih jarang tukang tambal ban, jadi kalau bisa ajaklah teman-teman kalau nanti ada kenapa-kenapa ada yang bisa bantuin.
          Masuk ke Taman Tebing Breksit ini anda tidak akan dipungut biaya, anda hanya akan dimintai dana parkir dan sumbangan sukarela untuk pembangunan fasilitas Taman Tebing Breksit karena tempat wisata ini masih dalam prose pengembangan.
            Ketika anda memasuki Taman Tebing Breksit maka anda akan melihat Taman Telatar Seneng  yaitu tempat duduk yang bentuknya melingkar. Taman Telatar Seneng ini sering digunakan untuk acara music ataupun yang lainnya. Setelah itu anda akan melihat pemandangan bukit kapur putih bekas galian warga sekitar. Dinding batu kapur Taman Breksit ini diukir dengan cerita pewayangan seakan-akan terlihat seperti candi putih dengan relief pewayangan.
          Sesampainya di puncak Taman Tebing Breksit ini anda akan bisa melihat candi prambanan dari atas tebing diikuti dengan tiupan angin sepoi-sepoi. Bagi pecinta selfie ata foto tempat ini sangat menarik untuk di kunjungi karena posisinya sangat bagus apalagi untuk melihat sunset.

         
         
         


0 komentar:

Posting Komentar