Kamis, 09 Februari 2017

WISATA JOGJA-SUNSET DI CANDI IJO




       Candi Ijo terletak di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Posisinya berada pada lereng bukit dengan ketinggian rata-rata 425 meter di atas permukaan laut. Candi ini dinamakan "Ijo" karena berada di atas bukit yang disebut Gumuk Ijo.Jadi jangan mengira bahwa warna Candi ini hijau ya.
       Sebutan ijo ialah  berarti hijau yang pertama kalinya ada dalam prasasti Poh yang berasal dari tahun 906 Masehi.  Disebutkan bahwa dalam prasasti tersebut bahwa ada seseorang yang berasal dari desa ijo yang menghadiri upacara keagamaan. Bhunmyinya ahíla seba gai berikut: “Anak wanua i Luang hijo i “

       Candi ini diperuntukan untuk memuja Dewa Syiwa karena didalam candi ini terdapat lingga dan yoni sebagai symbol Dewa Syiwa.Lingga dan yoni merupakan symbol dari sifat laki-laki dan perempuan.
       Jadi kalau anda berwisata ke Jogja dan ingin menikmati candi dengan cara yang berbeda anda bisa mencoba untuk mengunjungi Candi Ijo ini. Karena selain bisa menikmati keindahan ukiran candi ini anda  juga bisa melihat pemandangan kota jogja dari atas bukit dengan suasana yang berangin.
       Untuk menikmati keindahan Candi Ijo anda harus menempuh perjalanan yang menanjak keatas bukit. Selama perjalanan anda akan melewati tempat wisata tebing breksit jogja. Jadi anda bisa menikmati keindahan tebing breksit dulu kemudian anda bisa melanjutkan perjalanan ke candi ijo.

       Candi Ijo ini menjadi salah satu tempat favorit bagi pencari sunset. Karena jika cuaca sedang cerah anda bisa menikmati sunset yang sangat bagus tidak kalah dengan sunset yang ada di Candi Ratu Boko.
       Jadi kalau ke candi ijo jangan lupa menyiapkan kamera yang bagus dan perlengkapan lainnya agar bisa mendapatkan gambar yang bagus untuk di posting di media social anda. Selamat mencoba berwisata ke Candi ijo dan sekitarnya.

0 komentar:

Posting Komentar